tugas dasar pemasaran

MAKALAH
Dasar Pemasaran


 














Nama                              : Afrilia Yuanita
Kelas                              : 1EB14
NPM                               : 20210260



KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT, karena hanya dengan izin dan ridho-Nya penulis dapat menyelesaikan MAKALAH ini dengan baik dan lancar. Atas izin-Nya jugalah penulis dapat menyelesaikan makalah dengan baik, Walaupun terdapat beberapa kesalahan. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada pembaca terutama tentang PEMAARAN DAN PENJUALAN.

Selain itu penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen yaitu, Bpk HERRY SUSSANTO yang telah memeberikan pelajaran kepada saya dengan untuk semua orang yang telah mambantu kami untuk menyelesaikan makalah ini.

saya sadari bahwa makalah ini sederhana. Tapi saya berharap kesederhanaan ini, ada manfaat dan keuntungan untuk penulis dan pembaca. saya juga mengharapkan kritik dan saran bagi para pembaca.





Depok, September 2010



                                                                                                       Penulis
DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I         PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang
1.2            Tujuan Penulisan
1.3            Batasan Masalah
BAB II        LANDASAN TEORI
          2.1 2.1 Konsep Pemasaran dan Penjualan
          2.2 Tujuan Pemasaran dan Penjualan
          2.3 Keuntungan Pemasaran dan Penjualan
BAB III       ANALISA PERMASALAAN
          3.1 Jenis Pemasaran dan Penjualan
          3.2 Perbedaan Prinsip Pemasaran dan Penjualan
BAB IV      PENUTUP
          3.1 Kesimpulan
          3.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang

          Latar Belakang saya menulis ini untuk memberikan penjelasan secara rinci mengenai Dasar Pemasaran. Walaupun banyak orang yang mengetahui tentang persamaan dan perbedaan terhadap pemasaran dan penjualan, definisi pemasaran dan penjualan, tujuan Pemasaran dan penjualan, dan macam-macam Pemasaran dan penjualan. saya hanya menerangkan secara singkat. 
          .

I.2 Tujuan Penulisan

          Tujuan penulisan makalah ini untuk menjelaskan tentang segala sesuatu yang bersangkutan dengan Pemasaran dan penjualan. Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. sehingga tujuan penerapan pemasaran yaitu untuk meningkatkan efisiensi bagi kinerja pusat serta mewujudkan kepuasan penggunaannya hingga dapat tercapai. Penjualan Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pemebeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.


I.3 Batasan Masalah

          Batasan masalah pada MAKALAH sekarang meliputi definisi, persamaan pemasaran dan penjualan, dan perbedaan pemasaran dan penjuala.

1.4. Metodelogi Penulisan
          Metode yang kami gunakan adalah yang menggunakan metode  deskripsi. Kami mencari data dan data yang kami peroleh berasal dari media Internet dan buku.

1.5. Sistematika Penulisan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I         PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang
1.2            Tujuan Penulisan
1.3            Batasan Masalah
1.4            Metodelogi Penulisan
1.5            Sistematika Penulisan
BAB II        LANDASAN TEORI
          2.1 Konsep Pemasaran dan Penjualan
          2.2 TujuanPemasaran dan Penjualan
          2.3 Keuntungan Pemasaran dan Penjualan
BAB III       ANALISA PERMASALAAN
          3.1 Jenis Pemasaran dan Penjualan
          3.2 Perbedaan Prinsip Pemasaran dan Penjualan

BAB IV      PENUTUP
          4.1 Kesimpulan
          4.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA

















BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Konsep Pemasaran dan Penjualan
Konsep Penjualan menfokuskan pada kebutuhan penjual. Karena itu penjualan sibuk  dengan  kebutuhan  penjual   untuk mengubah produk/jasanya  menjadi  cash atau   uang kontan.

Konsep Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran  memuaskan kebutuhan  pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang   berhubungan   dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya
.

2.2 TujuanPemasaran dan Penjualan
1.     Tujuan promosi penjualan intern.
Salah satu tujuan promosi penjualan adalah untuk mendorong karyawan lebih tertarik pada produk dan promosi perusahaan. Adapun tujuan internalnya adalah untuk meningkatkan atau mempertahankan moral karyawan, melatih karyawan, kerjasama, serta semangat bagi usaha promosinya. Promosi penjualan juga menambah dan melengkapi kegiatan-kegiatan bagian humas dengan memberikan beberapa peralatan dan materi yang diperlukan untuk melaksanakan program humas internal. Sebagai contoh: slide, filim, brosur, dan selebaran.

2.     Tujuan promosi penjualan perantara.
Usaha-usaha promosi penjualan dengan perantara (pedagang besar, pengecer, lembaga perkreditan, dan lembaga jasa) dapat dipakai untuk memperlancar atau mengatasi perubahan-perubahan musiman dalam pesanan, untuk mendorong jumlah pembelian yang lebih besar, untuk mendapatkan dukungan yang luas dalam saluran terhadap usaha promosi, atau untuk memperoleh tempat serta ruang gerak yang lebih baik.
Untuk mengatasi fluktuasi yang bersifat musiman dalam pesanan, misalnya ditawarkan kepada perantara dua unit gratis apabila ia membeli 10 unit, atau memberika potongan musiman 25%. Teknik promosi semacam ini dapat mendorong jumlah pembeh’an yang lebih besar.

3.     Tujuan promosi penjualan konsumen.
Promosi penjualan konsumen dapat dilakukan untuk mendapatkan orang yang bersedia mencoba produk baru, untuk meningkatkan volume per penjualan, promosi penjualan perusahaan yang ditujukan pada konsumen dapat dibedakan ke dalam dua kelompok,
yaitu:
a. Kegiatan yang ditujukan untuk mendidik atau memberitahukan konsumen,
b. Kegiatan yang ditujukan untuk medorong para konsumen.

2.3 Hubungan Pemasaran dan Penjualan
Dalam kegiatan pemasaran yang sangat kompleks dan saling berkaitan yang satu dengan yang lainnya, seperti promosi dan penjualan hendaknya dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan, yaitu laba. Promosi berfungsi untuk meningkatkan volume penjualan juga sebagai strategi untuk menjangkau pembeli untuk melakukan pertukaran. Sedangkan penjualan adalah pemindahan barang dan jasa yang dilakukan oleh penjual. Pada umumnya perusahaan yang ingin mempercepat proses peningkatan volume penjualan akan melakukan untuk mengadakan kegiatan promosi melalui iklan, personal selling, dan publisitas.
Apabila volume penjualan dirasakan cukup besar sesuai dengan yang diinginkan serta cukup mantap, maka umumnya perusahaan menurunkan kegiatan promosi atau sekedar mempertahankannya. Meskipun demikian seringkali perusahaan dalam menurunkan kegiatan promosi diikuti pula oleh penurunan penjualan. Hal ini disebabkan oleh karena beberapa kemungkinan, misalnya penurunan promosi tersebut perlu ditinjau kembali. Peninjauan tentang keputusan promosi tersebut hendaknya dilakukan dalam skop yang luas, dengan demikian penyajian penetapan kebijakan promosi yang kurang tepat dapat dihindarkan.


BAB III
ANALISA PERMASALAHAN
3.1            Jenis Pemasaran dan Penjualan
promosi penjualan alat promosi yang merupakan perangsang bagi konsumen untuk segera melakukan pembelian, umumnya bersifat jangka pendek. Promosi penjualan dapat bersifat individu maupun non individu
Jenis – jenis Pemasaran dan Penjualan
1.     Promosi konsumen, misalnya produk sampel, kopun berhadiah, hadiah langsung, potongan harga, jaminan, garansi, pelayanan purnajual, demostrasi, dan sebagainya.
2.     Promosi dagang, misalnya kredit pembelian, hadiah pembelian, periklanan bersama, pajangan bersama, kontes penjual, dan sebagainya.
3.      Promosi bisnis, misahiya sponsor pertunjukkan, demostrasi dan peragaan dalam pertunjukkan dagang, kontes penjualan, hadiah penjualan dalam tebakan dan permainan dan sebagainya.

3.2            Perbedaan Prinsip Pemasaran dan Penjualan
perbedaan penjualan dan pemasaran sebagai beriku :



PENJUALAN

PEMASARAN
1.
Tekanan pada produk.
1
Tekanan pada keinginan konsumen.
2.
Perusahan pertama-tama membuat produk dan bagaimana  mereka menjualnya.
2
Perusahan pertam-tama menentukan apa yang diingin dan kemudian mereka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memeuhi keinginan itu.
3.
Manajemen berorientasi ke volume penjualan.
3.
Manajemen berories ke laba uasaha
4.
Perencanaan berorientasi ke hasil jangka pendek, berdasarkan produk dan pasar.
4.
Perencanaan berories ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hri esok dan pertumbuhan yang akan datang.



















BAB IV
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Permasaran penjualan adalah merupakan kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkannya sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan dan pengaturan tertentu maka produk tersebut akan menarik perhatian konsumen

 3.2 Saran
Saran saya bagi yang ingin memulai mengembangkan Pemasaran dan Penjualan untuk penghasil uang, maka saya dapat berikan beberapa item yang harus dicek :
1.     Sumber Topik termasuk penguasaannya. Semakin Anda menguasai topik Pemasaran dan Penjualan Anda maka akan semakin mudah Anda menulis artikel yang berkaitan dengan Topik Pemasaran dan Penjualan Anda. Tidak harus berasal dari Anda, mungkin Anda memiliki nara sumber yang baik pun cukup untuk memulainya.
2.     Belajarlah tentang meningkatkan Pemasaran dan Penjualan: semakin tinggi  maka semakin tinggi pula yang kita capaikan.





DAFTAR PUSTAKA



0 comments:

Posting Komentar